Home

Mengenai Saya

Penyakit pada anak sebenarnya dapat diatasi jika gejalanya diketahui. sering orang tua panik pada saat anaknya sakit dikarenakan ketidaktahuan atas gejala penyakit yang diderita anaknya. untuk itu melalui blog ini yang beberapa artikelnya saya kutip dari website lain, mari sesama orang tua berbagi informasi tentang penyakit pada anak, pengobatan dan penanggulangannya

buku tentang anak


Masukkan Code ini K1-YD43Y4-D
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Tips dan info Ibu Hamil

Senin, 08 Februari 2010

Bisul Pada Anak




Bisul adalah sejenis abses yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus. Bisul dapat terjadi di semua jenis kulit baik anak kecil ataupun dewasa. Tetapi masalah bisul pada anak-anak lebih sering terjadi daripada orang dewasa. Ini dikarenakan pada anak-anak mereka lebih sering terkena debu dan kotoran di luar, pada saat bermain di lapangan, lumpur, dan tempat lainnya yang menyebabkan mereka lebih mudah terinfeksi dari bakteri-bakteri yang ada di luar sana apalagi saat mereka mempunyai luka di bagian tubuhnya, bakteri itu akan lebih mudah menyerang.

Jika bisul yang tumbuh pada tubuh anak anda hanya sekali saja, anda tidak perlu khawatir, sebab itu tidak berbahaya. Kecuali jika bisul itu tumbuh terus menerus, maka anda perlu ke dokter untuk memeriksakan lebih lanjut. Biasanya dokter akan memberikan antibiotik tertentu yang akan membunuh bakteri yang menyebabkan kuman. Tapi anda juga bisa membawa anak anda untuk menghentikan bakteri dengan cara terapi budaya bakteri. Budaya bakteri mungkin salah satu cara termudah untuk mendeteksi penyebab pasti bisul pada anak-anak. Anak-anak yang sedang terinfeksi virus, dapat terus-menerus tumbuh bisul karena mereka membawa kuman di dalam tubuh mereka. Fakta membuktikan, anak-anak membawa spora bakteri yang menyebabkan bisul di dalam tubuh berkaitan dengan transferensi genetik. Sejak mereka lahir, anak-anak yang terus menerus mengalami bisul benar-benar membawa bakteri pada permukaan kulit mereka atau di dalam usus mereka atau ketika usus mereka terluka. Ketika bakteri menemukan sebuah lubang di permukaan kulit, mereka masuk dan menyebarkan infeksi.

Bisul biasanya sangat buruk untuk dilihat. Mereka penuh dengan nanah, yang akan dibuang bersama dengan darah ketika bisul akan matang. Sebagai orang tua, Anda dianjurkan untuk berhati-hati ketika keluar nanah. Nanah sangat menular yang harus dibersihkan waktu ke waktu sehingga anda lebih baik menghindari kontak dengan kulit bagian tidak terpengaruh.

Jenis-jenis bisul

* Bisul dapat juga disebabkan karena tersumbatnya kelenjar minyak, yang kemudian terinfeksi. Bisul seperti ini dinamakan ‘akne kista’, biasanya terjadi di kulit wajah para remaja.

* Lain lagi dengan bisul yang disebut ‘hidradenitis suppurativa’, disebabkan oleh radang lokal kelenjar keringat. Biasanya bisul yang timbul lebih dari satu buah, lokasinya di daerah ketiak atau pangkal paha.

* Dan yang terakhir adalah bisul yang disebut ‘kista pilonidal’, biasanya terjadi di lipatan bokong. Awalnya hanya berupa infeksi di folikel rambut, kemudian ditambah dengan iritasi dari tekanan karena duduk terlalu lama, biasanya saat travelling lama, maka terbentuklah bisul ini.

Cara Menghilangkan Bisul pada Anak

* Umumnya, resep dokter untuk bisul yang terus tumbuh pada anak-anak adalah antibiotik bernama Naseptin. Obat ini diambil berada dalam dosis terbatas sehingga tidak menimbulkan efek samping negatif apapun. Antibiotik ini harus dimakan 4 kali sehari sampai dengan 10 hari.

* Anda harus lebih hati-hati saat memandikan anak anda, untuk menjaga anak-anak anda dari kuman. Hindari menggunakan bath up, lebih baik menggunakan shower atau dengan air yang mengalir. Disarankan menggunakan Cholrhexidine untuk lebih bersih. Walaupun anda diberi obat untuk membersihkan kepala anak anda yang diberi dari dokter, anda disarankan untuk tetap menggunakan Cholrhexidine selama 14 hari.

* Menggunakan handuk sendiri untuk anak anda dan menggantinya setiap dua hari sekali. Bahkan untuk lebih baik lagi, setiap anggota keluarga harus menggunakan seperangkat handuk terpisah untuk membatasi penyebaran bakteri yang menginfeksi kulit dan menyebabkan bisul.

* Meminta anak anda untuk tidak berusaha memecahkan bisul dengan kuku jari mereka. Karena jika itu terjadi, bisul akan menjadi infeksi dan apabila sampai keluar nanah dan mengenai aliran darah tubuh anak kita, maka akan terjadi keracunan darah.

* Untuk menghindari penularan yang lebih lanjut, cuci daerah yang terinfeksi dengan sabun anti bakteri yang baik setiap keluar nanah. Anda juga bisa menutupi bisul dengan tapal (perban) yang baik.

* Anda bisa membuat menu makanan yang baik untuk dikonsumsi anak anda. Sertakan sayuran yang mengandung banyak serat agar tidak sembelit dan sediakan jus segar setiap pagi hari untuk detoxsifikasi tubuh. HIndari makanan yang banyak mengandung minyak dan pastikan anak anda minum air putih tiap hari. Hal ini akan membantu dalam proses menyingkirkan zat-zat beracun yang terdapat di dalam tubuh anak Anda

* Kompres dengan air panas selama 3-4 menit setiap hari untuk mengurangi rasa sakit pada bisul. Mandi dengan garam Epsom juga efektif untuk menghilangkan bisul pada anak anda. Anda bisa menggunakan kapas yang steril dan menghangatkannya di air panas sebelum diletakan diatas permukaan bisul, yang membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit untuk peregangan.

sumber :http://www.boilstreatments.com
sumber foto : http://anasfadilah.blogspot.com

0 komentar:

tips dan info balita

Bagi-bagi Blog Ini

Health Blogs - BlogCatalog Blog Directory

Pengikut